DPRD Sintang Dukung Percepatan Penanggulangan Wabah Covid-19

Ketua DPRD Kabupaten Sintang ikuti Video Conference Mendagri dan Menkeu (Foto : Evi)

SINTANG | SintangPost.com – Untuk mempercepat penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani meminta agar semua pihak segera merasionalisasi anggaran. Hal tersebut diungkapkkan saat melakukan video conference bersama sejumlah meteri dan pejabat derah lainnya se-Indonesia.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Rony yang turut hadir pada video conference yang digelar Pemerintah Kabupaten Sintang di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang ini mengatakan rasionalisasi anggaran tersebut akan dilakukan menunggu keputusan Menteri Keuangan.

“Tadi kita sudah mendengarkan bersama arahan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Republik Indonesia mengenai rasionalisasi anggaran. Itu masih rencana pemotongan saja, jadi kita masih menunggu keputusan pastinya,” ujarnya, Jumat lalu (17/04/2020).

Florensius Rony mengungkapkan DPRD Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu telah melakukan rasionalisasi anggaran belanja perjalanan bimbingan teknis seluruh anggota DPRD Kabupaten Sintang untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menanggulangi penyebaran wabah Covid-19.

“Sebelumnya, kita sudah merasionalisasi anggaran Bimtek sebesar Rp. 858 Juta. Tak hanya itu, Sekretariat DPRD Kabupaten Sintang juga menyisihkan sejumlah anggaran untuk fokus dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang. Total yang disisihkan Sekretariat DPRD Kabupaten Sintang sebesar Rp. 1.1 Miliar,” tuturnya.

Politisi Partai Nasdem ini menegaskan jika memang diarahkan untruk rasionalisasi kembali makan DPRD Sintang akan siap melaksanakannya.

“Intinya, kita siap mengikuti arahan dari Pemerintah Pusat. Kita akan mendukung percepatan penangan COvid-19. Kita paham ini adalah situasi yang mendesak, maka jika memang harus dirasionalisasikan maka akan kita lakukan,” pungkasnya. (Coe)