DPRD Targetkan Sembilan Raperda Rampung Dua Minggu

Ketua DPRD Sintang Jefray Edward Didampingi Bupati dan Wakilnya

SINTANG | Sintangpost.com- Sebanyak sembilan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sintang  ditargetkan rampung  pada tanggal 28 juli 2017 mendatang.

“Hasil rapat tadi telah menyepakati kerangka sementara untuk rancangan produk hukum daerah 2017 ini sebanyak sembilan  raperda,”kata ketua DPRD Sintang Jefray Edwar kemarin.

Jeffray menambahkan pembahasan raperda diserahkan sepenuhnya kepada Pansus. Jika pembahasan raperda memerlukan referensi tambahan, tidak menutup kemungkinan ada studi banding ke Kabupaten atau Kota lain.

“Tapi studi bandingnya tergantung pembahasan raperda. Itupun jika dirasa kurang. Nanti akan dilihat dulu, karena kami belum tahu isinya,” jelasnya

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengharapkan dukungan dan do’a restunya kepada semua elemen masyarakat, termasuk insan pers, agar dalam menjalankan tugas konstitusional pada pembentukkan produk hukum daerah bisa sukses.

“Kita mengharapkan ke sembilan raperda yang di bahas pada tahun 2017 ini bisa secepatnya ditetapkan menjadi peraturan daerah kabupaten Sintang,”tukasnya.

Adapun delapan raperda usulan Pemda Sintang yakni Raperda tentang penyelenggaraan kearsipan Kabupaten Sintang, Raperda tentang pembangunan industri kabupaten sintang tahun 2017-2037, Raperda tentang retribusi pelayanan tera ulang dalam penyelenggaraan otonomi daerah Kabupaten Sintang, Raperda tentang pengelolaan pasar rakyat pusat perbelanjaan dan toko moderen.

Selanjutnya Raperda tentang ketertiban umum, Raperda tentang pencabutan peraturan daerah kebupaten Sintang nomor 1 tahun 2008 tentang urusan pemerintah daerah kabupaten Sintang,

Kemudian Raperda tentang pencabutan perda nomor 9 tahun 2010 tentang izin gangguan, Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan di kabupaten Sintang serta satu raperda yang diusulkan oleh pihak legislatif yakni raperda tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sintang. (okt)