Hardiknas, Mainar Ajak Intropeksi Diri

Mainar Puspa Sari

SINTANG | SintangPost.com – Pandemi Covid-19 ini membuat peringataan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei tidak dilakukan seperti biasa. Mengingat semua lapisan masyarakat diharuskan untuk tetap di rumah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari mengatakan tahun 2020 adalah tahun dimana kita harus lebih banyak intropeksi diri seperti tema yang diangkat pada Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini yaitu “Belajar Dari Covid”.

“Tema yang diangkat sangatlah pas. Situasi seperti ini, ada banyak hikmah yang bisa dipetik. Covid-19 merupakan suatu pembelajaran yang berharga bagaimana pentingnya menjaga, mempertahankan sebelum kecemasan bahkan kehilangan melanda,” ucapnya.

Mainar Puspa Sari menyampaikan salah satu hikmah yang diambil adalah bagaimana cara menghargai kesehatan yang telah diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk kegiatan belajar mengajar yang saat ini sedang terhenti.

“Proses pendidikan adalah upaya untukk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya. Namun, saat ini harus dilakukan dengan sangat terbatas yang tentunya kita tahu akan menurunkan kualitas dari KBM itu sendiri. Mari kita berdoa agar pandemic ini segera berlalu,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Politisi Partai Demokrat ini, pandemic juga membuat kedekatan orang tua dan anak semakin erat. Terlebih lagi dengan berbagai kegiatan belajar dirumah, orang tua juga bisa menyadari pentingnya peran guru yang selama ini mendidik anak bangsa.

“Ternyata, menjadi guru bahkan bagi anak sendiri itu sangat sulit dan penuh tantangan. Ini juga yang harusnya jadi intropeksi kita sebagai orang tua, sejauh mana kita sudah menghargai peran guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa,” pungkasny. (Coe)