Heri Jambri : Waspada Covid-19 Tanpa Sisihkan Kemanusiaan

Heri Jambri

SINTANG | SintangPost.com – Adanya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berdampak pada kehidupan masyarakat Kabupaten Sintang terutama yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengatakan adanya wabah Covid-19 ini sangat berdampak pada kehidupan masyarakat daerah perbatasan dari berbagai lini kehidupan salah satunya adalah sosial budaya.

“Beberapa waktu lalu, ada penolakan masyarakat pada salah satu WNI yang kembali dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur tikus yang memang banyak terdapat di daerah perbatasan. Ini sangat disayangkan karena ini bertentangan dengan kemanusiaan,” ujarnya saat mengunjungi Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, Jumat (17/04/2020).

Heri Jambri meminta masyarakat untuk tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan dan memupuk rasa kemanusiaan ditengah pandemic Covid-19 meskipun harus disertai dengan kewaspadaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Masih banyak lagi WNI kita yang belum kembali ke Indonesia, bahkan bisa saja masyarakat dari Ketungau sendiri. Tetap berbaik hati lah, jangan diusir lagi seperti sebelumnya serahkan pada petugas kesehatan yang ada. Waspada tanpa harus sisihkan rasa kemanusiaan,” katanya.

Politisi Partai Hanura ini meminta kepada masyarakat untuk tidak panik namun tetap melakukan upaya perlindungan diri dan lingkungan sesuai langkah-langkah antisipasi yang telah disosialisasikan Pemerintah baik secara langsung maupun melalui media sosial.

“Jika tahu ada WNI yang baru saja pulang dari daerahmerah baik itu dalam maupun luar negeri, laporkan. Nanti yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan akan dikarantina terlebih dahulu. Kita pribadi, jangan lupa jaga jarak, jaga kebersihan diri dan sebaiknya gunakan masker,” pungkasnya. (Coe)