Kaji Raperda RDTR, DPRD Sintang Bentuk Pansus

DPRD Sintang bentuk Pansus Bahas Raperda RDTR (Foto : Evi)

SINTANG | SintangPost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang akan membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)  terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) bagian wilayah perencanaan industri Sungai Ringin.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Rony yang memimpin langsung rapat paripurna pembentukan pansus mengungkapkan salah satu fungsi dari DPRD adalah melakukan pembentukan Perda bersama Bupati.

“Dalam penetapan itu, tentu perlu ada kajian. Inilah makanya kita membentuk pansus yang nantinya akan mengkaji bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan sehingga bisa memberikan keputusan tepat yang bermanfaat bagi khayalak ramai,” ujarnya usai memimpin Rapat Paripurna ke-12 Masa Persidangan I Dalam Tahun 2020 yang di gelar di ruang sidang gedung DPRD Sintang, Senin (06/04/2020).

Florensius Rony menyampaikan dalam proses pembentukan calon anggota Pansus, setiap fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Sintang akan mengajukan sejumlah nama yang nantinya akan dipilih dan dibuat susunan pengurus di dala Pansus tersebut.

“Kita sudah sepakat, Ketua Pansus ini adalah Toni, dari Fraksi Golkar. Untuk Wakil Ketua Pansus dijabat oleh Zulkarnain dari Fraksi Hanura,” ucapnya.

Politisi dari Partai Nasdem ini berharap proses kerja Pansus dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga bisa menghasilkan suatu peraturan yang penting dan berarti bagi seluruh masyarakat Sintang, khususnya yang ada di wilayah kawasan Industri Sungai Ringin.

“Nantinya, pansus yang telah dibentuk akan menggelar rapat internal bersama satuan perangkat kerja dari Pemerintah Kabupaten Sintang sehingga bisa mempertimbangkan saran dan pendapat yang ada dan nantinya akan mengajukan hasil bahasannya dalam rapat paripurna yang jika disetujui oleh semua pihak maka akan akan dilakukan proses penetapan Raperda menjadi Perda,” pungkasnya. (Coe)