Laporan ke Hotline Berkurang, Tuah : Tindak Tegas Mereka Yang Melanggar

Tuah Mangasih

SINTANG | SintangPost.com – Masih banyaknya masyarakat yang enggan melaporkan diri ke Dinas Kesehatan setelah bepergian dari kota yang sudah ada terkonfirmasi Corana Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi perhatian khusus bagi banyak pihak tak terkecuali bagi Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih.

Tuah Mangasih menyayangkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam upaya membantu pemerintah untuk percepataan penanganan Covid-19 yaitu dengan tetap melakukan perjalananan ke zona merah atau daerah yang sudah terkonfirmasi Covid-19.

“Disuruh diam di rumah saja, malah pergi kemana-mana. Bahkan ada yang masih saja tega pergi ke daerah yang sudah ditetapkan zona hijau namun tidak melaporkan diri ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, ini tidak membantu malah mempersulit,” ujarnya belum lama ini.

Menurut Tuah Mangasih, Pemerintah Kabupaten Sintang harus menindak lanjuti ini dengan tegas sehingga penyebaran Covid-19 ini dapat dilakukan lebih maksimal dan masyarakat yang sudah menjalankan anjuran pemerintah dapat lebih merasa nyaman dan aman dari rasa ketakutan akan terpapar Covid-19.

“Banyaknya mahasiswa dan orang yang adayang namun tidak melaporkan diri itu membuat kerja gugus tugas percepatan penangan Covid-19 menjadi lebih sulit. Mungkin lebih baik jangan cuma sekedar diimbau, namun berikan sanksi tegas bagi siapapun yang melanggar,” katanya.

Legislator dari PDI Perjuangan ini menegaskan Covid-19 ini tak akan bisa selesai jika hanya pemerintha saja yang berbuat tanpa masyarakat ikut berperan aktif didalamnya. Ketidak taatan masyarakat dalam menjalankan anjuran pemerintah akan menjadi boomerang yang akan menyakiti dan membahayakan masyarakat luas.

“Ini bukan Cuma tugas pemerintah, kita juga harus saling peduli. Demi keselamatan masyarakat, maripatuhi anjuran yang ada,” pungkasnya. (Coe)