Mainar Sari: Beri Kesempatan Wanita Peroleh Hak

Makna Hari Kartini Dimata Anggota Dewan

Mainar Sari

SINTANG | Sintangpost.com- Anggota DPRD Sintang Mainar Sari mengatakan, peringatan Hari Kartini semakin memberikan manfaat bagi upaya memperluas kesempatan kaum perempuan menikmati hak-haknya.

“Sejarah telah mencatat bahwa Raden Ajeng Kartini adalah simbol awal dari perjuangan emansipasi kaum perempuan Indonesia, sekaligus pionir peradaban gender pertama di Indonesia,” kata Mainar Sari.

Menurut Politisi PKB ini, Kartini merupakan potret pejuang gerakan emansipasi sejati demi peradaban bangsa yang ramah perempuan. Bagaimana tidak, perjuangannya yang tidak kenal lelah ditengah-tengah gempuran pertentangan dari keluarganya serta adat lama yang terkesan kolot,

”Ia tetap kukuh mempertahankan prinsipnya memperjuangkan cita-citanya untuk mengubah nasib kaum perempuan di kemudian hari,”katanya.

Sari menambahkan, berkat perjuangan RA Kartini, saat ini telah terlihat hasilnya dan dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana peran perempuan dalam segala bidang pembangunan telah mewarnai perjalanan bangsa ini, termasuk di Kabupaten Sintang

Oleh karena itu, Sari meminta kepada kaum perempuan khususnya di Sintang, jangan sekali-kali melupakan kodratnya sebagai perempuan, yaitu sebagai istri dan ibu.

“Banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik dari perjuangan Kartini tersebut, khususnya bagi kaum perempuan Indonesia masa kini yang sedang berjuang untuk meraih masa depannya,” ujarnya

Di era saat ini kata Sari, nilai-nilai tersebut berwujud kesetaraan dalam bidang pembangunan, pemerintahan, dan politik. Neni pun mengakui, masih perlu dilakukan penguatan khususnya dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) melalui semangat yang diturunkan oleh Kartini.

“Sehingga, nantinya betul-betul bisa terjadi kesetaraan gender,” jelasnya.

Sari berharap, dalam momen peringatan Hari Kartini ini, perempuan Sintang memiliki kesadaran untuk mengembangan diri. “Sehingga kemajuan dan prestasi yang diraih bukan karena dikasihani, namun karena kemampuan mereka sendiri,” harapnya. (okt)