Masker Langka, Nekodemus : Harus Ada Pemantauan Dari Instansi Terkait

Nekodemus

SINTANG | SintangPost.com – Adanya Covid-19 yang sudah menyebar di Indonesia bahkan Provinsi Kalimantan Barat menyebabkan sejumlah masker, handsanitizer dan juga alcohol sulit didapatkan masyarakat tak terkecuali di Kabupaten Sintang.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Nekodemus sangat menyayangkan adanya kondisi tersebut. Pasalnya ia menilai dengan kondisi yang saat ini membuat masyarakat cemas, harusnya masker dan handsanitizer tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Barang ini tidak boleh langka di pasar apalagi ditengah kondisi seperti ini. Ini masker yang saya gunakan saya belinya secaa online karena memang di Sintang sulit dan jika ada pun harganya mahal sekali,” ujarnya ketika ditemui SintangPost usai sidang paripurna beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Nekodemus mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang harus bergerak dalam menyediakan kedua barang tersebut mengingat akses pemerintah lebih cepat dalam hal tersebut.

“Paling tidak, unuk tenaga medis, tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan berbagai penyakit tidak hanya Covid-19 ya, itu yang harusnya mendapatkan dan menggunakan barang tersebut,” katanya.

Untuk itu, politisi Partai Hanura ini juga menegaskan perlu adanya kerjasama antara Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) serta stakeholder terkait untuk mengawasi pasokan dan peredaran kedua barang tersebut.

“Ini perlu ada pengawasan yang ketat. Jadi, jika memang pasokan barang sudah ada, maka peredaran barangnya juga harus dipantau, jangan datang banyak namun ternyata hanya dibeli beberapa orang yang melakukan penumpukan sehingga membuat masyarakat yang benar-benar butuh menjadi kesulitan,” tegasnya. (Coe)