Pemkab Lelang Jabatan, Ini Kata Dewan

Ilustrasi Lelang Jabatan

SINTANG | Sintangpost.com- Lelang jabatan untuk 3 jabatan yang masih kosong di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Resmi dimulai sejak tanggal 1 November sampai dengan 15 November 2017.

Bagi aparatur sipil negara (ASN) yang berminat dapat mengajukan berkas kepada Pansel di Sekretariat Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Sintang jalan YC Oevang Oeray baning kota Sintang.

Kabid Data dan Pengembangan Pegawai, BKPSDM Sintang, Agustinus mengatakan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama ini, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI nomor 13 tahun 2014, tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

“Jadi tiga jabatan yang akan diisi diantaranya, Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahaan Desa,”katanya, Jumat (3/11).

Dikatakan Agustinus seleksi terbuka ini, hanya hanya berlaku bagi ASN Pemerintah Kabupaten Sintang, sebab menurutnya sesuai keputusan Komisi ASN belum lama ini bahwa Sintang memiliki SDM yang mempuni.

“Jadi untuk lelang ini hanya ASN dari pemkab Sintang saja yang bisa mengikutinya, Pendaftaran seleksi ini juga terbuka dan transparan tidak ada ditutup tutupi,”jelas Agustinus.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi terbuka tersebut lanjutnya, berstatus sebagai ASN pada Pemerintah Kabupaten Sintang. Kemudian berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pendaftaran seleksi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina (IV/a).

“Selanjutnya pernah atau sedang menduduki Jabatan Administrator (Eselon III) atau Jabatan Fungsional Tertentu Jenjang Madya minimal 2 (dua) tahun. Telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III bagi yang pernah/sedang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon IIa),”katanya lagi.

Informasi lengkap mengenai persyaratan dan kelengkapan berkas administrasi pendaftaran dapat dilihat dan didownload di website bkd.Sintang-simpeg.com.

Adanya sejumlah pejabat Pemerintah Sintang yang mengikuti seleksi lelang jabatan mendapat dukungan dari DPRD Sintang. Hal itu diungkapkan anggota DPRD Anton Isdianto.

“Kalau kita sih dari dewan mendukung saja apabila ada pejabat Pemda yang ikut lelang jabatan. Namun harus berdasarkan aturan yang berlaku,”ujarnya.

Politisi PAN ini meminta kepada peserta untuk mengikuti regulasi yang ada dalam lelang jabatan nantinya.

“Saya berharap dengan adanya lelang ini jangan ada faktor kedekatan segala macam yang kita ingikan pejabat yang memiliki SDM yang handal di bidangnya,”jelasnya.

Politisi Dapil 4 ini juga berharap pelelangan jabatan saat ini mampu melahirkan orang yang betul-betul membawa 3 instansi itu ke arah yang lebih baik.

“Kita ingin OPD di Sintang dipimpin oleh orang-orang yang berkompoten,” harap Anton.(okt)