Roling AKD Tunggu Paripurna LKPj Bupati di Ketok

Sandan

SINTANG | Sintangpost.com- Perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten intang diperkirakan akan dilaksanakan setelah rapat LKPp bupati tahun 2016 selesai.

Molornya perubahan AKD ini, salah satunya disebabkan peraturan daerah perubahan tata tertib DPRD belum selesai dibahasa. Karena mekanismenya perubahan AKD pada perubahan tata tertib, artinya jika aturan yang baru itu belum disahkan maka tidak bisa dilakukan AKD.

“Jadi nanti perubahan AKD ini setelah disahkannya tata tertib, karena ada pola dan mekanisme yang di rubah dalam tata tertib DPRD itu,” jelas Wakil ketua DPRD Sintang Sandan belum lama ini..

Meski belum pasti kapan dilaksanakan, kata Sandan, sejauh ini pimpinan dewan sudah ada komunikasi dengan para pimpinan fraksi.“Kami berharap paling cepat setelah LKPJ bupati, baru perubahan AKD dilakukan,” katanya.

Menurut Sandan pada kelengkapan yang baru nanti akan terjadi perubahan komposisi pada alat kelengkapan dewan, namun semua itu tergantung lobi-lobi yang dilakukan.

"Kita ingin dalam penetapan alat kelengkapan Dewan nantinya tidak menimbulkan masalah di tingkat internar dewan itu sendiri, tetapi pergantian AKD ini lebih kepada asas keadilan,”katanya.

Sandan mengatakan saat ini usulan komposisi AKD dari masing-masing fraksi sudah ada. Namun masih harus dibahas di internal dewan untuk menyatukan persepsi.

Kalau sudah selesai tinggal diparipurnakan dan di SK-kan. Paling lambat setelah ketok palu LKPj bupati,”tutupnya. (okt)