Hari Pertama UN di Sintang Berjalan Lancar

Terry Harap Siswa Tak Buru-Buru Isi Soal Jawaban

Wakil Ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim Berfoto Bersama Muspida Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Wakil Ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim bersama Pemkab Sintang memantau pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Sintang, Senin (3/4).

Pada kesempatan tersebut Anggota dewan, bersama Sekda Sintang Yosepha Hasnah melakukan peninjauan di 5 Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Sintang, yang terdiri dari SMK Budi Luhur, SMK Muhamadiyah, SMK Nusantara Indah, SMK Kartini, dan SMKN 1 Sintang.

Seluruh siswa yang terdaftar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Sintang, 906 siswa. Di Kabupaten Sintang ada 13 SMK yang mengikuti UNBK tahun 2017 sebanyak 12 SMK.

Wakil ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim berharap selama ujian peserta bisa mengikuti dengan baik. Dan hasil akhir yang memuaskan karena akan menjadi tolok ukur pendidikan di Bumi Senentang.

Meski hasil akhir ditentukan masing-masing satuan pendidikan, ia juga berharap seluruh sekolah memberikan hasil yang sesuai ketentuan.

“Semua menjadi bahan evaluasi kita ke depan, karena ujian ini hanya sebagai salah satu alat penilai. Sebenarnya kembali kepada masing-masing murid dan ini evaluasi bagi para guru apa yang telah siswa-siwi mereka lakukan,” ujarnya di sela-sela pantauan pelaksanaan UN di salah satu sekolah.

Untuk menilai pelajar, lanjutnya, jangan hanya dilihat dari satu sisi saja, ada nilai-nilai di luar UN yang menurutnya tetap dijadikan bahan penilaian, sebagaimana ketentuan. Ia juga berharap kepada siswa yang mengikuti ujian agar tidak tergesa-gesa dalam mengisi soal ujian.

“Pelajari betul-betul soal yang diberikan agar mampu dalam memberikan jawaban. Siswa tidak usah ragu-ragu dalam mengikuti ujian. Pelajari, baca, simak soalnya. Untuk memberikan jawaban pelajari betul makna soal yang akan jawab,” pesannya.

Politisi Nasdem ini menyampaikan pujian atas kelancaran pelaksanaan UNBK tingkat SMK di kabupaten Sintang. Berdasarkan informasi yang kita dapat, Sintang menjadi satu-satunya yang mampu mengadakan UNBK tingkat SMK secara menyeluruh. Bahkan di Serawai dan Merakai pun lancar.

"Pencapaian pelaksanaan UNBK yang berjalan dengan lancar ini, setidak sampai sesi satu berakhir belum ada keluhan dan kendala berarti dari laporan kepala sekolah-kepala sekolah yang sudah kami temui hari ini menunjukkan bahwa anak-anak kita mampu, punya kompetensi yang setara baik itu di kota maupun yang ada di pedalaman," terang Terry.

Seketaris Daerah Sintang Yosepha Hasna mengatakan pemerintah Sintang sangat mengapresiasi seluruh sekolah peserta pelaksa na secara Ujian berbasis komputer ini, secara positif.

"Memang ada beberapa kendala teknis, seperti tadi disampaikan oleh dua SMK yang sempat terkena pemadaman aliran listrik. Namun hal itu sudah kita koordinasikan dengan instansi terkait. Selain itu sekolah-sekolah pun sudah sangat siap untuk mengantisipasi ya buktinya setiap sekolah sudah menyiapkan genset," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus J menyampaikan bahwa kegiatan pelaksanaan UNBK secara bertahap karena menyesuaikan dengan kesiapan sarana dan prasarana sekolah.

"Sebelum UN ini kita berkoordinasi dengan semua kepala sekolah yang ada terkait kesiapan dan kendala yang mungkin terjadi sehingga secara keseluruhan kita bisa melaksanakan dengan lancar," katanya.

Yustinus memberikan contoh pada tingkat SMK ini, ada SMKN 1 Dedai yang pelaksanaan UNBKnya dilakukan di SMK N 1 Sintang. "Karena masih ada kendala teknis seperti sinyal dan ketersediaan komputer di Dedai jadi 38 siswa mereka ujiannya di salah satu ruang laboratorium SMKN 1 Sintang," tutupnya. (evy/red)