Bupati: Semua Untuk Kepentingan Masyarakat Sintang

Sembilan Raperda Disahkan Menjadi Perda

SINTANG | Sintangpost.com-Sebanyak sembilan  rancangan peraturan daerah (raperda) Pemerintah Kabupaten Sintang  ditetapkan menjadi perda melalui rapat paripurna di gedung wakil rakyat, Senin (31/10).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Sintang Teri Ibrahim dihadiri Bupati Sintang Jarot Winarno,  kepala SKPD, serta anggota DPRD Sintang lainnya.

untitled-3Menurut Teri, disahkannya sembilan raperda menjadi Perda Kabupaten Sintang tahun 2016  merupakan instrumen perencanaan pembentukan yang tersusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

“Sehingga produk hukum yang dilahirkan bermanfaat bagi semua pihak. Sebagai produk hukum, perda menjadi solusi terhadap masalah dan kebutuhan hukum masyarakat Sintang,”katanya.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan, sembilan perda tersebut sebagai landasan penting bagi Kabupaten Sintang.

“Saya sampaikan penghargaan kepada tim pansus yang sudah bekerja keras untuk menyelesaikan perda tersebut. Terima kasih atas koreksi yang diberikan dalam penyusunan sembilan perda itu,” katanya.

Dari sembilan perda tersebut, kata bupati Perda tentang Pembentukan dan Struktur Perangkat Daerah menjadi yang paling difokuskan. Sebab, perda ini akan berpengaruh terhadap penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2017 mendatang.

“Setelah raperda terbentuk menjadi perda, tim dari Pemprov Kalbar akan menyusun peraturan kepala derah tentang tata kerja dari struktur organisasi perangkat daerah. “ Baru setelah itu melakukan pengisian jabatan,” tambahnya.

Terkait pengisian jabatan, Bupati menjelaskan ada empat ketentuan sesuai peraturan yang mengatur tata cara pengisian jabatan sebagai pejabat tinggi pratama. Yang pertama melalui pengukuhan, dimana untuk jabatan yang dikabulkan atau berubah nomenklaturnya. Dua melalui kesesuaian jabatan, yakni dilakukan untuk jabatan yang masih kosong.

Tiga, melalui seleksi tersebut, dan keempat dengan mutasi ke jabatan fungsional bagi pejabat yang tidak masuk dalam struktur perangkat daerah, sepanjang tidak bertentangan dengan aturan dan harus memenuhi syarat perundang-undangan yang berlaku.

“Ini sudah kami sosialisasikan kepada seluruh kepada daerah soal tata cara pengisian jabatan setelah disahkannya perda pembentukan dan susunan perangkat daerah,” jelasnya.

Menurutnya, penyusunan SKPD yang baru harus segera diselesaikan mengingat akan jadi acuan dalam penyusunan anggaran. "Kalau lambat penetapannya, maka nanti penyusunan anggarannya tidak sesuai dengan PP 18," sambungnya.

Adapun sembilan raperda yang disahkan menjadi Perda tahun 2016 oleh pemkab Sintang dan DPRD Sintang yakni

  1. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pencabutan peraturan daerah kabupaten Sintang nomor 1 tahun 2014 tentang pembentukanKecamatan di lingkungan pemerintah kabupaten Sintang.
  2. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan kecamatan tempunak ulu. Kecamatan sepauk tengah, kecamatan sepauk hulu dan kecamatan pudau raya di kabupaten Sintang.
  3. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan kecamatan Sintang barat, kecamatan bukitmangat, kecamatan inggar, dan kecamatan tontang di kabupaten Sintang.
  4. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan kecamatan ketungau tengah selatan, kecamatan ketungau tengah utara dan kecamatan Ketungau Hulu utara di kabupaten Sintang.
  5. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pemindahan ibu kota kecamatan Ketungau Hilir, kecamatan Ketungau Hulu dan kecamatan Dedai.
  6. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.
  7. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pengelolaan barang milik daerah.
  8. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan kecamatan Sintang utara, kecamatan jungkit, kecamatan kayan tengah dan kecamatan ambalau hulu di kabupaten Sintang.
  9. Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang pembentukan kecamatan danum serawai dan kecamatan melawi hulu dikabupaten Sintang. (okt)