Danil: Peran Orang Tua Sangat Penting

Dewan Minta Peserta UN Harus Percaya Diri

Danil Banai

SINTANG | Sintangpost.com- Anggota DPRD Sintang K Danil Banai berharap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat yang digelar serentak di Kabupaten Sintang, bisa berjalan lancar.

Menurutnya Kelulusan sangat tergantung kesiapan mental para siswanya. Selain persiapan yang memadai, dukungan orang tua sangat berperan untuk menunjang kelulusan siswa.

"Kita berharap para orang tua memberikan perhatian yang lebih menjelang UN ini. Perhatian yang lebih tentu akan membuat siswa lebih siap dalam menghadapi UN tahun ini," kata K Danil, Rabu (3/4) di kantornya.

Menurut Politisi PKPI ini, keluarga sebagai lingkungan terdekat sangat dibutuhkan perannya oleh para siswa untuk menghadapi UN. Orang tua diharapkan bisa menyiapkan segala keperluan bagi putra-putri nya, baik fisik maupun mental.

"Ya pertama sarapan, buatkan kesukaan anak, kalau bisa saat sarapan didampingi. Ingatkan anak akan segala perlengkapan untuk UN jangan sampai ada yang tertinggal, dan juga ingatkan agar istirahat yang cukup sebelum UN, ini penting bagi kesiapan mental murid, Untuk itu peran sekolah dan keluarga, dalam hal ini orangtua sangat penting.

“Jadi saya imbau bagi orangtua yang memiliki putra putri yang akan melaksanakan UN, harap diperhatikan betul putra-putrinya," imbuhnya.

Dengan melihat tingkat kelulusan yang tinggi, Politisi Tempunak ini berharap selain peran aktif guru dalam memberikan pemahaman kepada siswanya, dan peran orang tua untuk selalu mengawasi mutu belajarnya.

Dia juga berharap kepada para siswa untuk lebih intensif dalam memamahi pelajaran yang diberikan para guru di sekolah.

”Para siswa harus mengurangi kegiatan di luar kegiatan belajar, ini untuk mencapai keberhasilan,” pesan Danil.

Terpisah Seketaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang Yustinus memastikan Pendistribusian soal ujian untuk sekolah yang letaknya jauh, seperti di pedalaman, tidak ada kendala yang berarti.

“Soal ujian tersebut telah dititipkan di Polsek masing-masing kecamatan. Pihak sekolah dapat langsung mengambilnya sebelum ujian dimulai,” katanya.

Untuk meminimalisir penyimpangan pada saat ujian berlangsung, kata Yustinus pengawasan akan dilakukan dari tim monitoring Dinas Pendidikan Sintang.

“Tahun ini, pengawasan akan dilakukan secara ketat. Setelah siswa selesai mengerjakan soal ujiannya, lembar jawaban akan langsung diserahkan ke petugas tim monitoring dari Disdik,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dari Monitoring agar ada transparansi untuk meningkatkan kejujuran penyelenggara, dan kualitas pendidikan juga semakin baik, serta akan terjadi peningkatan mutu sekolah.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh siswa agar mengerjakan soal dengan baik dan teliti, dan percaya diri agar semuanya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. (okt)