DPRD Sintang Apresiasi Keterbukaan Informasi Penanganan Covid-19

Laporan Update Covid-19 Pemkab Sinyang tanggal 30 Maret 2020

SINTANG | SintangPost.com – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sintang telah berupaya memberikan informasi secara terbuka kepada masyarakat Kabupaten Sintang dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Senin (30/03/2020)

“Ini langkah baik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Kusnadi mengatakan keterbukaan informasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang akan memberikan dampak baik bagi masyarakat yang artinya mengajak masyarakat untuk berpikir positif namun terus waspada.

“Karena PDP yang dirawat bukan merupakan warga Sintang maka Kabupaten Sintang masih dalam zona hijau namun bukan berarti kita lalai dalam menjaga diri dan orang yang kita sayangi dari bahaya Covid-19,” ucapnya.

Menurutnya, upaya dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menangani dan pencegahan penyebaran Covid-19 sudah maksimal seperti membatasi mobilitas masyarakat dengan cara belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah.

“Jika masyarakat yang masih harus keluar rumah karena harus mencari nafkah maka bisa lebih intens dalam menjaga kebersihan diri. Usahakan untuk tidak bersentuhan dengan orang lain dan menghindari tempat keramaian. Jika memang masih terpaksa berada ditempat tersebut, sebaiknya menggunakan masker atau baju lengan panjang,” pungkasnya.

Hingga saat ini, ada 315 Orang Dalam Pemantauan (ODP) Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Sementara 2 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang merupakan warga dari Kabupaten lain telah mengetahui hasil tes swab tenggorokan yang menyatakan PDP 01, warga dari Kabupaten Kapuas Hulu terkonfirmasi negative Covid-19 dan dalam kondisi stabil sehingga diperbolehkan pulang. Sementara PDP 02, yang merupakan warga Kabupaten Sanggau yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih dalam ruang isolasi pemantauan RSUD Ade M. Djoen Sintang. (Coe)