Prihatin OTG Meningkat, Welbertus : Tindak Tegas Masyarakat Yang Bandel

Welbertus

SINTANG | SintangPost.com – Dalam dua minggu terkahir, lonjakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang diumumkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. OTG sendiri merupakan orang yang hasil rapid testnya reaktif namun tidak menunjukkan gejala sakit.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus menyampaikan rasa prihatinnya dengan adanya lonjakan jumlah OTG di Kabupaten Sintang yang pada tanggal 24 April 2020 lalu hanya 4 orang saja namun paa tanggal 4 Mei 2020 melonjak menjadi 111 orang.

“Itu menunjukan kalau Sintang bukan lagi zona hijau, namun zona kuning yang artinya jika penanganan dan masyarakat tidak ambil peran dengan baik maka Kabupaten Sintang dapat menuju zona merah,” katanya, Selasa (06/05/2020).

Welbertus meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah yaitu dirumah saja jika memang tidak ada sesuatu yang mendesak atau jika memang terpaksa keluar rumah harus menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas serta tak lupa untuk menjaga jarak fisik satu sama lain. Hal itu dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang.

“Karantina parsial yang diberlakukan pemerintah harusnya diperhatikan dan ditaati oleh masyarakat. Inikan demi keamanan kita bersama. Pemerintah juga bisa bertindak lebih tegas pada masyarakat yang masih bandel atau tidak mengindahkan anjuran. Jadi, jangan hanya memberikan himbauan saja tapi ada ketegasan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, politisi PDI Perjuangan ini juga mengajak masyarakat meningkatkan kepaduliannya terhadap sesama dengan saling memberikan perhatian dan juga memberikan kasih sayangnya pada orang yang tidak mampu.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, maka saling berbagilah. Jika mampu, berikanlah sebagian hartamu untuk mereka yang mengalami kesulitan,” pungkasnya. (Coe)